Konstruksi Jembatan dan Harga Konstruksi Jembatan Terbaik di Medan

Tanggal :7/12/2021 11:30:00 AM Penulis : rianraymont

Konstruksi jembatan dan harga konstruksi jembatan - Konstruksi  jembatan  merupakan  suatu  konstruksi  bangunan  pelengkap sarana trasportasi jalan yang menghubungkan atau mempertemukan suatu tempat, yang dapat memungkinkan untuk dilintasi oleh suatu benda bergerak.

Hal ini disebabkan karena terdapat lintasan yang tidak tersambung akibat rintangan  atau  sebab  lainnya,  dengan  cara  melompati  rintangan  tersebut  tanpa menimbun atau dengan cara menutup rintangan tersebut dan apabila jembatan terputus maka lalu lintas akan berhenti.

Lintas tersebut bisa merupakan jalan pejalan kaki, jalan kendaraan dan jalan kereta api, sedangkan rintangan tersebut dapat berupa jalan kenderaan, jalan kereta api, lintasan air, sungai, jurang atau lembah. Jembatan tergolong menjadi tiga bagian struktur yakni pondasi,  struktur  bangunan atas,  dan  struktur  bangunan  bawah. 

Bagian struktur  bangunan  ataslah yang menghubungkan  rintangan  pada lalu  lintas. Dalam menahan seluruh beban jembatan ke dasar tanah, tentunya dibutuhkan pondasi yang kuat.

 

Fungsi Jembatan

  1. Sebagaisarana penyeberangan
  2. Memilikifungsi sebagai sarana infrasutruktur
  3. Menghubungkandua (2) ruas jalan atau lebih yang dilalui rintangan
  4. Melakukanpeningkatan terhadap pertumbuhan perekonomian suatu Negara, sebabdigunakan sebagai akses untuk melakukan pengangkutan barang dan permintaanjasa. Sehingga pada prosesnya akan menjadi lebih mudah
  5. Perekonomianmasyarakat menjadi meningkat karena beberapa area di sekitaran jembatansering dijadikan sebagai tempat lokasi pariwisata.
  6. Menghematbiaya karena jarak tempuh lebih pendek dan singkat serta mampumeningkatkan kelancaran arus lalu lintas bagi angkutan barang maupunorang.

 

Struktur Jembatan

 

1.      Struktur Atas Jembatan (Super Structures)


Trotoar

Trotoar atau sering disebut dengan jalur bagi pejalan kaki, umumnya dibuat sejajar dengan jalan utama namun lebih tinggi. Hal ini bertujuan agar pejalan kaki dapat merasa lebih aman dan bisa dilihat secara jelas oleh pengendara yang melintas melalui jembatan.

Girder

Bagian yang berada pada struktur atas yang memiliki fungsi menyalurkan beban massa kendaraan pada bagian atas ke bagian bawah. Istilah ini dikenal dengan sebutan abutment.

Balok Diafgrama

Balok diafragma merupakan bagian penyangga dari gelagar-gelagar yang ada di jembatan yang memanjang dan memiliki fungsi sebagai balok penyangga biasa dan bukan sebagai pemikul beban plat dasar.


2.      Struktur Bawah Jembatan (Sub Structures)

 

Abutment

Abutment merupakan bagian bawah jembatan yang letaknya berada di kedua ujung pilar jembatan. Fungsi dari abutment ialah sebagai penahan seluruh beban seperti angin, hujan, kendaraan dan beban gelagar, dan lain sebagainya yang ada pada jembatan.

Abutment terdiri dari beberapa bagian yaitu :

·         Dinding bagian belakang/back wall

·         Dinding bagian penahan/breast wall

·         Dinding bagian sayap/wing wall

·         Plat injak/approach slab

·         Konsol pendek untuk jacking/corbel

·         Pilar Jembatan

·         Tumpung bearing

·         Pondasi utama yang berada pada bagian tengah struktur jembatan yang memiliki fungsi sebagai penahan jembatan dan menyebarkan beban ke bawah tanah.

·         Pier Head 

Tahap pengujian beban atau load test dubutuhkan ketika konstruksi jembatan sudah selesai dibangun, hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat maksimum beban yang bisa diterima oleh konstruksi jembatan. Selain itu, konstruksi jembatan harus dipantau dengan structural health monitoring system (SHMS) yang bertujuan saat terjadi pergeseran atau keretakan bisa langsung diketahui.

 

Tipe-Tipe Jembatan

Truss Bridge

Truss Bridge memiliki segi konstruksi berbentuk triangular  yang lebih kokoh karena menggunakan kerangka truss. Tiang jembatan akan menjadi lebih kaku meski tidak menancap ke tanah. Hal ini karena bentuk segitiga yang terhubung dengan tiang-tiang lainnya. Garis–garis diagonal yang ada pada tiang jembatan juga memiliki fungsi untuk menyebarluaskan beban ke area yang lebih luas, sehingga beban tersebut tak hanya berkumpul di satu titik saja. 


      Beam Bridge

Beam bridge dikenal juga sebagai jembatan grider. Desain yang ada pada kontruksi jembatan ini merupakan yang paling sederhana dalam hal pembuatan jembatan. Secara umum, jembatan tipe ini memiliki bentuk horizontal yang lurus terhadap tiang-tiang vertikal sebagai tiang pancang untuk memperkuat struktur jembatan.

Umumnya, tiang pancang dibuat dari bahan beton atau baja yang tertancap ke bawah tanah. Konstruksi jembatan ini umumnya digunakan untuk menyambungkan dua dataran yang berjarak tidak terlalu jauh.


      Arch Bridge

Arch Bridge merupakan tipe jembatan yang strukturnya sengaja dibuat secara melengkung bagaikan busur panah. Secara ketahanan desain ini lebih kuat dibandingkan dengan beam maupun truss, meski secara konstruksi lebih menghemat material dan tidak membutuhkan begitu banyak material yang digunakan.


      Cable Stayed Bridge

Struktur pada jembatan jenis ini menggunakan kabel sebagai elemen pemikul lantai lalu lintas. Pada jembata cable stayed, kabel langsung ditumpu oleh tower. Jembatan cable stayed ialah gelagar terusan dengan tower, yang jumlahnya satu atau lebih yang dipasangkan di atas pilar – pilar jembatan ditengah bentang. Jembatan bertipe ini mempunyai titik pusat massa yang relatif lebih rendah dari posisinya. Hal inilah yang membuat tipe konstruksi jembatan ini dapat digunakan untuk variasi panjang bentangan sekitar 100 hingga 600 meter serta dapat dibangun pada wilayah yang memiliki resiko gempa.


      Suspension Bridge

Suspension bridge ialah tipe jembatan gantung yang dimana sistem struktur dasar jembatanya merupakan kabel utama yang memikul kabel gantung.

Jembatan dapat ditutup dan arus lalu lintas dapat dihentikan, apabila terjadi beban angin dengan intensitas yang cukup tinggi. Hal ini untuk mencegah sulitnya berkendaraan dalam kondisi goyangan yang tinggi. Jembatan tipe ini umumnya memiliki konstruksi yang memiliki panjang bentang hingga 1400 meter.

 

Gunakan Jasa Konstruksi jembatan Kami!

 

Kami sebagai perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor menawarkan Anda untuk menggunakan jasa konstruksi jembatan terbaik dan juga memiliki harga konstruksi jembatan termurah di Kota Medan. Perusahaan kami berpengalaman dalam mengerjakan konstruksi jembatan dan juga memiliki tim yang hebat, professional dan berpengalaman dalam bidang ini.

 

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui

For more information please send me a message or contact us!

Search

Please enter the words you want to search in the field below

Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English