Konstruksi Kayu dan Harga Konstruksi Kayu Terbaik di Medan

Tanggal :7/8/2021 1:46:00 PM Penulis : rianraymont

Jasa konstruksi kayu dan harga konstruksi kayu - Kayu merupakan material alam yang berasal dari pohon dan sering digunakan untuk pemakaian kontruksi bangunan. Alasan utama mengapa kayu sering dipakai untuk kontruksi bangunan adalah karena memiliki sifat yang mudah dibentuk dan kuat. Selain itu untuk macam-macam kayu untuk penggunaan kontruksi bangunan masih mudah untuk ditemukan. Bahan bangunan berupa kayu sering dipakai pada elemen-elemen struktur dan arsitektur rumah seperti kuda-kuda, reng, usuk, pintu kayu, jendela kayu dan lain sebagainya.

 

Jenis-Jenis Kayu

 

Kayu Jati

Jenis kayu jati ini begitu dikenal karena kekuatannya yang tinggi dibanding dengan kayu jenis lainnya. Kayu ini memiliki tekstur dan serat yang indah, tahan terhadap rayap, serangga, dan jamur. Jenis kayu ini sering dipakai pada pekerjaan furniture seperti jendela, pintu, kursi dan meja. Saat ini, masyarakat sudah banyak mengenal dan mulai untuk menggunakan kayu ini untuk keperluan mebel. Ciri-ciri kayu jati sebagai berikut.


  1. Mempunyai kekuatan dan keawetan yang baik dan tahan lama
  2. Memiliki warna coklat muda hingga coklat tua
  3. Gampang  untuk dipotong-potong serta sangat mudah untuk diolah menjadiberbagai  macam produk
  4. Meskipun mengalami perubahan cuaca, tetapi tidak mudah berubah bentuk
  5. Bobot yang dimiliki berat dan kokoh


Macam-macam kayu untuk melakukan konstruksi biasanya memiliki harga yang dipengaruhi oleh asal, struktur dan kriteria batasan kualitas yang bisa ditoleransi. Pemilihan terhadap kualitas jenis kayu jati yang digunakan harus mempertimbangkan tipe aplikasi finishing yang dipilih. Selain digunakan untuk melindungi kayu dari keadaan luar, finishing pada kayu juga diharapkan mampu memberikan keindahan dan nilai estetika pada kayu dengan menunjukan kelebihan dan kekurangan kualitas kayu. 

 

Jenis Kayu jati berasal dari pohon jati yang mempunyai ukuran pohon yang besar dan bisa tumbuh di ketinggian 30-40 meter. Pohon jati sendiri merupakan jenis pohon yang dapat tumbuh di wilayah hutan hujan tropis yang memiliki suhu sekitar 27-37 derajat. Penggunaan jenis kayu ini untuk konstruksi bangunan misalnya pada bantalan kereta api dan struktur jembatan serta kontruksi kuda-kuda atap.

 

Kayu Akasia

 

Kayu akasia merupakan jenis kayu konstruksi bangunan yang memiliki sebutan lain, acacia mangium, dengan berat jenisnya sebesar 0,75 sehingga membuat pori-pori dan seratnya rapat. Memiliki kelas awet II, yang artinya kayu ini bisa bertahan hingga 20 tahun keatas, apabila jika diolah secara baik. Kelas kuatnya yaitu II-I, yang artinya bisa menahan lenturan di atas nilai 1100 kg/cm2 dan mengantisipasi kuat desak kayu diatas nilai 650 kg/cm2. Berdasarkan sifat kembang susut kayu yang kecil, daya retaknya cukup rendah, kekerasannya sedang dan memiliki tekstur kasar serta memiliki serat lurus berpadu, oleh sebab itu jenis kayu ini memiliki sifat pengerjaan yang lebih mudah dan banyak diminati orang-orang untuk dipakai sebagai bahan konstruksi ataupun bahan furnitur. 

 

Kayu Kamper

 

Macam-macam kayu yang lain untuk digunakan pada konstruksi bangunan ialah kayu kamper. Jenis kayu kamper umumnya disebut dengan nama kayu borneo. Jenis kayu ini memiliki tekstur dan serat yang indah. Sering dipakai untuk membuat kusen jendela maupun pintu walaupun tidak memiliki kekuatan sebaik kayu jati. Karena alasan inilah, kayu ini sering pakai untuk membuat kusen dari jenis kayu ini. Kayu ini juga tidak disukai oleh rayap dan serangga, sehingga cocok dipergunakan sebagai material furniture. 

 

Umumnya kayu kamper tergolong dalam 3 kategori. Yang pertama ialah kayu kamper samarinda, kedua kayu kamper surabaya dan yang terakhir ialah kayu kamper kruing dari sumatera. Ini dikarenakan kayu kamper menjadi komoditas utama bagi penyangga perekonomian masyarakat Indonesia. Saat ini, perkebunan tanaman kamper hampir ada di seluruh wilayah Indonesia. Mengingat betapa pentingnya kayu ini bagi perekonomian.

 

Kayu Bengkirai

 

Kayu ini digunakan untuk kontruksi bangunan dan memiliki harga yang berbeda karena bergantung dari tingkat kelas kayu. Salah satu jenis kayu yang cukup kuat, tahan cuaca, dan awet ialah bengkirai. Kayu ini digunakan pada konstruksi bangunan seperti atap kayu. Karena memiliki kelebihan yang kuat dan tahan lama, sering dipakai sebagai material eksterior.

 

Pohon Bangkirai bisa dijumpai di hutan hujan tropis di Kalimantan. Jenis kayu ini memiliki warna kuning hampir kecoklatan, oleh karena itulah sering disebut dengan yellow balau.

 

Kayu Ulin

 

Kayu Ulin ialah salah satu jenis kayu yang digunakan untuk konstruksi bangunan yang dikenal memiliki kekuatan yang kuat. Pohon ulin ini tumbuh subur di hutan pulau kalimantan. Material alam ini sering dipakai untuk bahan bangunan rumah, gedung, kantor serta bangunan lainnya. Pohon ulin merupakan salah satu jenis pohon besar yang tingginya mampu mencapai 50 meter, dengan diameter hingga 120 cm. Pohon ini dapat tumbuh pada dataran rendah sampai di ketinggian 400 meter. Kayu Ulin memiliki warna yang gelap dan mampu bertahan terhadap air laut.

Kayu jenis ini umumnya digunakan sebagai konstruksi bangunan berupa tiang-tiang pancang, atap kayu, kosen, papan lantai, bangunan jembatan, dan kegunaan lainnya yang membutuhkan sifat-sifat khusus kuat dan awet. Kayu ulin termasuk kategori kelas awet I dan Kelas kuat I.

 

Kayu Gelam

 

Kayu yang dipakai pada konstruksi bangunan lainnya ialah jenis kayu gelam. Kayu ini sering dipakai pada proyek-proyek rumahan, pagar, kayu bakar, dan tiang-tiang yang bersifat sementara. Selain itu, kayu ini sering dipakai sebagai perancah saat melaksanakan proyek. Di beberapa daerah, kayu ini dipakai sebagai cerucuk saat pekerjaan sungai dan juga jembatan. 

 

Kayu Meranti

 

Kayu meranti merah merupakan jenis kayu bertipe keras yang memiliki warna merah muda, merah tua hingga merah muda pucat. Kayu jenis ini memiliki tekstur yang tidak terlalu halus. Kayu ini sering dipakai untuk pembuatan multiplek yang kadang digunakan untuk bekisting. Pohon meranti dapat dengan mudah kita jumpai di hutan pulau Kalimantan.

 

Kayu Merbau

 

Dan yang terakhir, kayu yang biasa digunakan untuk keperluan konstruksi yang memiliki sifat kuat dan tahan serangga ialah kayu merbau. Kayu merbau berwarna coklat kemerah-merahan dan memiliki tekstur serat yang garisnya putus-putus. Kayu ini termasuk pohon yang berasal dari hutan hujan tropis. Kayu Merbau masuk pada kategori Kelas Kuat I, II dan Kelas Awet I, II. Kayu merbau umumnya memiliki finishing hasil akhir dengan melamin berwarna gelap. Merbau memiliki tekstur serat garis terputus putus dan cukup padat. Jenis kayu ini dapat tumbuh subur di Indonesia, terutama di wilayah pulau Papua secara keseluruhan.


Gunakan Jasa Konstruksi Kayu Perusahaan Kami Sekarang Juga!


Saat ini begitu banyak permintaan pembangunan rumah yang mengadopsi unsur kayu sebagai salah satu struktur bangunannya. Kami menyediakan jasa konstruksi kayu dan harga konstruksi kayu yang terjangkau dengan kualitas pembangunan yang terbaik di Medan.

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui

For more information please send me a message or contact us!

Search

Please enter the words you want to search in the field below

Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English